Kamis, 12 Januari 2017

Cairan Dianeal dan Extraneal

     Gambar tersebut adalah Bag ( kantong) dari cairan Extraneal dengan konsentrasi 7,5 %. Bisa digunakan untuk dwell time 8 - 16 jam. maksudnya disini extranel ini bisa masukdi dalam perut maksimal 16 jam sehingga dalam rentang waktu tersebut pasien CAPD tidak perlu mengganti cairan. Aktivitas menjadi lebih flexibel lagi dari sisi waktu. Sayng nya extranel ini tidak di cover oleh BPJS dengan harga sekitar Rp. 200.000 lebih pasien biasanya beli dengan uang sendiri, beruntung bila pasien punya asuransi perusahaan atau asuransi swasta sehingga bisa dicover.
     Extraneal digunakan maksimal 1 kali dalam sehari, karena penyerapan nya yg begitu kuat terhadap zat-zat didalam tubuh, cairan ini bisa menyerap hingga 2000 mL cairan tubuh. Maksudnya ketika dimasukan ke dalam perut sebanyak 2000 mL maka 16 jam kemudian bisa keluar dari perut sebanyak 4000 mL. Maka dari itu harus di pantau juga asupan makan dan minum jangan sampai Dehidrasi.
     Ada 4 jenis tipe cairan pencuci, yaitu :
1. Dianeal 1,5 % Dextrose
2. Dianeal 2,5 % Dextrose
3. Extraneal 4,5 % Dextrose
4. Extraneal 7,5 % Icodextrin

     Untuk poin 1 -3 cairan tersebut di cover BPJS sedangkan no. 4 tidak. untuk penggunaan nya sendiri dari beberapa referensi untuk extraneal 4,5 % tidak baik untuk membran peritonium jika digunakan (kecuali dalam kasus tertentu). Extraneal 4,5 %  ini mengandung dextrose yg tinggi sehungga bisa menaikan gula darah, tentu berbahaya bagi pasien CAPD yang diabet. Berbeda dengan Extraneal 7,5 % kandungan nya Icodextrin sehingga tidak menaikan gula darah dan aman bagi membran peritonium.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar