Kamis, 12 Januari 2017

Efek dan masalah CAPD

Permasalahan CAPD
Cara Mengatasi Masalah Yang Kemungkinan Terjadi Di Rumah saat pemasangan CAPD
     1. Jika keluar cairan yang berwarna merah :
         • karena menstruasi –> akan hilang dengan sendirinya
         • karena mengangkat beban –> hindari mengangkat beban dan kunjungi unit dialysis anda.
     2. Jika cairan keluar berwarna kuning tua tetapi tidak keruh cairan berada di dalam rongga peritoneum      selama beberapa jam, contohpergantiandi pagi hari–> tidak perlu khawatir (jika berlanjut, kunjungi tempat dialysis).

Efek samping yang dapat terjadi antara lain:
1. Sakit punggung
2. Nyeri dada
3. Sakit kepala
4. Hipotensi (tekanan darah tiba-tiba turun drastis)
5. Gatal di kulit
6. Rasa kram di kaki
7. Mual dan muntah
8. Demam dan menggigil (jarang)
9. Komplikasi berat yang jarang terjadi seperti: reaksi alergi (anaphylaksis) akut, banyak sel-sel darah merah pecah (hemolisis), adanya gelembung udara (air embolism) yang menyumbat pembuluh darah, kadar oksigen yang rendah dalam darah (hipoksemia)
10. Komplikasi jangka panjang seperti: anemia, infeksi, denyut jantung tidak teratur (aritmia), penyakit jantung koroner, gizi kurang, kekurangan mineral (degenerasi) tulang, kekurangan vitamin dan mineral.

Tips menghilangkan rasa sakit setelah proses cuci darah CAPD
      Bagi penderita gagal ginjal yang harus menjalani proses cuci darah, mungkin alternatif cuci darah yang bernama CAPD atau Continouos Ambulatory Peritoneal Dialysis sudah tak asing lagi. Sebuah alat cuci darah yang dipasang permanen diperut pasien. Dengan alat ini pasien bisa menjalani proses cuci darah hingga 4 kali per hari dan dapat dilakukan di rumah tanpa bantuan dokter. Tentu sebuah alat yang sangat membantu. Asal selama proses cuci darah berlangsung dalam keadaan steril dan dikerjakan tepat waktu. Tentu alat yang sangat membantu serta praktis.
      Namun setelah proses cuci darah selesai pasien sering kali merasa kedinginan, bahkan hingga menggigil kedinginan. Atau juga pasien merasa sakit yang amat sangat diperutnya.Kedinginan pada pasien bisa diatasi dengan merendam cairan dextrose dalam air mendidih sampai cairan hangat.Caranya rebus air sampai mendidih, lalu tuang kedalam ember, rendam cairan dextrose bersama kemasannya beberapa saat sampai cairan hangat. Setelah hangat baru lakukan proses cuci darah. Cara kedua taruh cairan dextrose dalam kardus yang telah diberi lampu beberapa jam sebelum proses cuci darah, setelah cairan hangat baru mulai proses pencucian. Sedang rasa sakit terasa ditusuk-tusuk setelah proses cuci darah itu disebabkan oleh masuknya udara kedalam tubuh pasien melalui selang bersama dengan cairan dextrose. Jadi jika kita melihat ada gelembung udara pada selang segera hentikan aliran dextrose, kemudian keluarkan gelembung dengan mendorongnya kembali ke botol. Setelah semua gelembung kelur barulah proses dilanjutkan kembali. Sepertinya sepele, tapi sangat membantu pasien mengurangi penderitaannya

15 komentar:

  1. Cara yg sangat mudah tapi dahulu untung ayah saya tidak mau pasang alat ini ....dulu ayah saya tahun 2004 terkena gagal ginjal dan di harus kan cuci darah 4x dalam sebulan...tapi itu hanya di jalani nya selama 2 tahun saja, karna ayah saya ketemu dng sahabat lama nya yg juga mantan penderita gagal ginjal tetapi beliau sudah sembuh dan sahabat ayah saya itu memberikan obat untuk pemulihan ginjal dari seorang dokter di jakarta , dan sahabat ayah saya memberikan secara gratis obat itu kepada ayah saya sebagai bentuk trimakasih beliau kepada ayah saya yang dahulu sudah menyelamatkan beliau dari perampokan ...dan setelah 3 bulan kosumsi ayah saya di nyatakan sembuh total oleh dokter di rumah sakit gatot subroto...sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon infonya.. Agar bisa menyelamatkan banyak orang yg gagal ginjal

      Hapus
    2. Obatnya apa ya? Info donk. Soalnya ibu saya juga terkena gagal ginjal kronik..

      Hapus
    3. Obatnya apa ya? Info donk. Soalnya ibu saya juga terkena gagal ginjal kronik..

      Hapus
    4. Boleh tau obtny apa.. ?
      Atau diksih tau dr dokter rspad nya mohon info dn bantuan krn sya lg meneliti ttg ginjal di gatot

      Hapus
    5. Boleh tau obtny apa.. ?
      Atau diksih tau dr dokter rspad nya mohon info dn bantuan krn sya lg meneliti ttg ginjal di gatot

      Hapus
    6. Please apa nama obatnya? Tlg krn sy sgt membutuhkan.tks

      Hapus